Beberapa Hal Yang Membuat Hasil Foto Kurang menarik

Saat kita sedang berada dalam suatu lokasi atau posisi, dan ingin mengabadikan apa yang kita lihat dengan kamera, terkadang kita tanpa sadar membuat beberapa kesalahan. Meski terlihat tidak terlalu fatal, namun dampaknya adalah foto yang kita hasilkan kadang menjadi kurang menarik. Walaupun kemudian kita bisa mengatasi beberapa kesalahan dengan menggunakan software editing seperti photoshop, namun tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi kesalahan-kesalahan tersebut. Karena ada kalanya, saat diedit menggunakan software, beberapa objek yang ingin kita tonjolkan justru terganggu. Untuk itu, kenali dan hindari beberapa hal yang membuat foto menjadi kurang menarik berikut ini.

Garis Cakrawala Yang Miring
Hal seperti ini umumnya terjadi saat kita mengambil foto landscape atau pemandangan. Foto landscape dengan tampilan garis cakrawala yang miring ini akan membuat orang yang melihat merasa ada yang aneh dengan foto tersebut. Karena hal yang pertama kali dilihat adalah tentu posisi foto, apakah bentuknya tegak (portrait) atau rebah (landscape). Setelah tahu bentuknya, maka orang akan mulai memperhatikan detail dari foto yang kita buat. Kecuali jika kita memang dengan sengaja ingin menonjolkan cakrawala yang miring dengan tujuan tertentu.

tips fotografi landscape yang menarik

Bagian Tubuh Yang Terpotong
Jika sedang memotret objek manusia, baik itu portrait maupun snapshot atau candid, sebisa mungkin ambil foto objek secara utuh. Jika ternyata memang ingin menonjolkan bagian tertentu, misal orang sedang duduk dan anda akan mengambil tubuh bagian atas, pastikan anda mengambil tepat pada bagian yang enak untuk dilihat. Misalnya saja diambil mulai dari pinggang. Jika diambil pada posisi yang kurang pas, foto manusia akan tampak aneh dan seperti kurang menarik. Misalkan saja anda mengambil mulai dari tulang kering ke atas.

Buang atau Hindari Benda Yang Mengganggu
Saat sedang mengatur komposisi dalam viewfinder, atau LCD kamera, kita dapat melihat benda apa saja yang akan terekam dalam foto yang akan dihasilkan. Saat itu, perhatikan baik-baik benda apa saja yang tampak mengganggu dan tidak kita inginkan ada dalam foto. Misalkan saja sampah, ranting pohon yang kurang menarik, atau bahkan bangunan yang tidak kita inginkan untuk terekam. Jika bendanya seperti sampah, bisa kita buang dan singkirkan terlebih dahulu. Namun jika benda tersebut tidak bisa dbuang, maka ubah posisi dan arah kamera untuk mendapatkan komposisi yang lebih baik.

Itulah beberapa hal dan kesalahan yang membuat hasil foto menjadi kurang menarik. Jika ada yang salah atau kurang, tuliskan pendapat anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Add Comment