Apple iPhone 5 SE Dirilis, Berapa Harganya di Indonesia?

LensaGaul.com – Saat diperkenalkan dan rilis beberapa waktu lalu, Apple menuai banyak kritikan tentang ukuran dari seri iPhone 6 terbaru mereka. Dari beberapa sumber menyebutkan jika desain iPhone yang cenderung simpel dan terbilang berukuran kecil seperti bertransformasi menjadi smartphone pada umumnya. Yaitu berukuran besar dengan layar yang lebih luas.

Seperti ingin menjawab semua kritikan tersebut, Apple beberapa waktu lalu akhirnya merilis iPhone terbaru mereka yang kembali ke konsep semula yang diberi nama iPhone 5 SE. Berukuran kecil, ringkas namun tentu saja memiliki spesifikasi yang powerfull. Bahkan disebut jika spesifikasi iPhone 5 SE terbaru ini mengusung spesifikasi yang sama dengan keluarga iPhone 6.

Harga Jual iPhone 5 SE di Indonesia

Fitur dan Spesifikasi iPhone 5 SE Terbaru

Huruf SE di belakang nama iPhone terbaru ini disebut singkatan dari kata special enhanced. Namun demikin ada pula yang mengartikannya sebagai small edition. Ini dikarenkaan iPhone ini menggunakan layar berukuran 4 inchi, lebih kecil jika dibandingkan dengan iPhone 6 yang berukuran 4.7 inchi. Mungkin ini alasan sebagian media menyebut iPhone yang sejatinya bernama iPhone SE ini menjadi iPhone 5 SE. Karena memang ukuran layarnya sama dengan iPhone 5S. Pun demikian dengan jenis layar dan juga resolusi yang dimiliki, yaitu 640 x 1136 pixels dengan kerapatan 326 ppi.

Untuk urusan spesifikasi, iPhone yang bodynya didominasi bahan alumunium ini boleh dibanggakan. iPhone 5 SE ini menggunakan chip Apple A9 yang sama dengan yang digunakan pada iPhone 6S dan juga iPhone 6S Plus. Begitu pula dengan GPU PowerVR GT7600 (six-core graphics) dan DRAM 2GB berjenis LPDDR4. Jadi bisa dibilang kalau ini adalah mesin dan spesifikasi dari iPhone 6S yang dikemas dengan body iPhone 5S.

Perbedaan spesifikasi yang cukup nampak jelas adalah pada segi kamera yang disematkan. iPhone 5 SE ini mengusung kamera utama di bagian belakang dengan resolusi 12 MP yang juga dapat merekam video 4K. Sama dengan yang dimiliki iPhone 6S. Hanya saja untuk kamera depan, iPhone 5 SE mengadopsi kamera seperti pada iPhone 5S. Bahkan sedikit lebih rendah. Yaitu resolusi 1.2 MP dengan aperture f/2.4 (kamera depan iPhone 5S memiliki aperture f/2.2).

Baca : Apa itu Aperture Dalam Fotografi

Kabarnya, iPhone 5 SE ini sendiri secara default sudah akan mengusung OS terbaru yaitu iOS 9.3. Fitur lainnya yang ikut disematkan rasanya tidak terlalu berbeda dengan iPhone keluaran terbaru pada umumnya. Contohnya saja fingerprint, koneksi LTE, Wi-Fi atau juga Siri khas iPhone. Untuk varian sendiri, kabarnya tersedia iPhone SE versi 16GB dan 64GB.

Harga iPhone 5 SE Terbaru di Indonesia

Secara resmi dalam peluncurannya, banderol harga iPhone 5 SE adalah 399 dolar untuk varian 16 GB dan 499 dolar untuk varian 64 GB. Bisa dibilang ini adalah versi iPhone yang cukup murah saat diperkenalkan. Bandingkan dengan iPhone 5S 16 GB yang dihargai 449 dolar saat diperkenalkan. Namun iPhone terbaru ini belum diketahui kapan akan mulai dipasarkan secara resmi di Indonesia dan berapa harga yang akan dibanderol. Di beberapa seller online, harga iPhone 5 SE di Indonesia dibanderol dengan angka 7 jutaan untuk versi 16 GB dan 9 jutaan untuk yang 64 GB. Tentu saja sifatnya pre-order dan bukan produk resmi yang diboyong oleh Apple Indonesia.

Tertarik untuk membeli iPhone 5 SE ini di toko online di Indonesia? Kamu bisa cek di sini untuk ketersediaannya.