Aksesoris dan Perlengkapan Fotografi Untuk Landscaper

Selain sepasang kamera dan lensa, ada banyak aksesoris yang tersedia dalam fotografi. Setiap aliran memiliki kebutuhan yang berbeda, maka dari itu aksesoris yang disediakan ada bermacam – macam.

Begitu pula untuk yang menyukai fotografi landscape atau ada yang menyebutnya landscaper, aksesoris untuk aliran ini terbilang cukup banyak dan beragam. Berikut adalah beberapa aksesoris dan perlengkapan yang dapat anda lengkapi untuk keperluan fotografi landscape.

Tripod Kamera
Banyak fotografer landscape yang sangat menyarankan untuk selalu membawa tripod ke spot hunting. Tripod sangat bermanfaat untuk membuat kamera anda tetap ‘steady’ dan mengurangi getaran. Apalagi bagi penggemar long eksposure, atau slow speed, maka tripod sepertinya harus selalu anda bawa ketika hunting foto.

Beragam Filter, ex : CPL, GND, ND
Filter adalah aksesoris yang paling dekat dengan fotografer, khususnya filter UV yang banyak dipakai untuk melindungi lensa kamera. Namun bagi landscaper, ada beberapa filter ‘wajib’ yang selalu ada di dalam tas kamera. Antara lain adalah filter polarizer (CPL), GND dan ND. Tiap filter memiliki fungsi dan kegunaan masing – masing.

Remote dan Cable Release
Remote dan Cable Release berguna untuk mengurangi shake yang terjadi ketika anda menekan tombol rana pada kamera. Khususnya cable release, sangat bermanfaat untuk yang akan melakukan bulb, karena momen menekan dan melepas tombol rana secara langsung dapat mengakibatkan kamera bergerak, dan gambar menjadi kurang tajam.

tips landscape fotografi

Memory Card dan Baterai Ekstra
Kebanyakan landscaper pergi ‘jauh’ untuk menuju lokasi yang dituju, dan biasanya dilokasi tersebut tidak tersedia tempat untuk membuka laptop atau mengecas baterai. Meski anda telah mengisi penuh baterai, dan mengosongkan memori, tidak ada salahnya membawa cadangan ekstra. Sangat disayangkan jika anda telah jauh – jauh ke lokasi, namun ditengah sesi pemotretan, anda kehabisan memori atau baterai.

Senter Kecil
Banyak fotografer yang pergi untuk hunting foto sejak matahari belum lagi terbit. Jika anda suka melakukan hal seperti itu, maka tak ada salahnya untuk membawa satu buah senter kecil. Ini sangat bermanfaat untuk anda agar dapat menerangi jalan yang akan anda lalui. Selain itu, ada fotografer yang menggunakan senter agar foreground objek foto mereka dapat tampak lebih terang.

Kurang lebih itu beberapa perlengkapan fotografi landscape yang dapat anda lengkapi. Jika ada kesalahan, saya mohon maaf, dan jika ada yang kurang silahkan dituliskan di kolom komentar untuk kemudian saya tambahkan di postingan ini.

ilustrasi gambar : nationalgeographic.com

One Response

  1. Abi Wildan April 2, 2013

Add Comment