5 Kamera Mirrorless Terbaik Awal 2016 Versi LensaGaul

Sekarang ini kamera mirroless bisa dibilang menjadi favorit baru para penyuka fotografi. Enggak cuma untuk kelas hobi dan serius atau pro sih, tapi juga untuk kebutuhan lain seperti blogger juga mulai melirik keberadaan kamera yang satu ini. Alasannya sederhana, dengan bentuk yang relatif kecil, kamera mirrorless punya kemampuan yang enggak kalah dengan DSLR.

Karena banyaknya pilihan kamera mirrorless yang ada saat ini, terkadang calon pembeli juga bingung mau memilih kamera yang mana. Pastinya, tetap harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan juga. Mungkin bisa baca pilih kamera DSLR atau mirrorless dulu deh. Namun sekedar gambaran, berikut ini mungkin 7 kamera mirrorless terbaik yang ada saat tulisan ini dibuat.

jual kamera fujifilm x-t10 murah

#1 Fujifilm X-T10
Meski bukan seri flagship, menurut kami kamera ini masih masuk kategori jajaran kamera mirroless terbaik. Tentu di range harganya ya, bukan secara keseluruhan. Bentuknya yang klasik dan menyerupai X-T1 jelas menjadi nilai plus. Walau ternyata disebut fisik yang sama tidak membuat build quality dan ketahanan terhadap cuaca jadi sama pula. Kamera Fujifilm X-T1 ini masih belum memiliki weatherproofing.

Kamera Fujifilm X-T10 mengusung sensor APS-C dengan resolusi 16.3 MP dari jenis yang sama dengan yang digunakan pada kamera X-T1. Kamera mirrorless ini juga sudah memiliki electronic viewfinder (EVF) serta layar 3 inchi dengan 920.800 titik. Harga kamera Fujifilm X-T10 sendiri berkisar di angka 11 jutaan (body only).

harga kamera sony a7r mark II murah

#2 Sony A7R Mark II
Sebagai salah satu perusahaan dengan jejeran kamera mirroless yang menawan, Sony membuktikan kalau kamera yang identik dengan dimensi kecil ini bisa mengusung sensor full-frame. Tak hanya sensor full-frame, ukuran piksel wah 42.4MP juga menjadi kelebihan yang patut dipertimbangkan. Fitur seperti EVF dan LCD berkualitas baik juga jelas sudah dimiliki kamera ini. Soal kekurangan, rasanya berada di sektor harga saja. Harga kamera Sony A7R Mark II yang berkisar di angka 39 jutaan (body only) jelas tidak bisa dibilang murah untuk sebagian orang.

harga jual kamera mirrorless olympus murah

#3 Olympus OM-D E-M10 II
Untuk ukuran dimensi yang lebih kecil, kamera Olympus OM-D E-M10 II ini bisa dilirik untuk dijadikan pilihan. Meski memiliki sensor Micro Four Thirds, tapi kamera ini memiliki fitur lain yang bisa diunggulkan. Ukuran sensor yang digunakan adalah 16.1 MP dengan tambahan EVF dan LCD 3 inchi yang cukup tajam. Tak hanya ukuran dimensi kameranya saja yang kompak, beberapa review juga menyebutkan jika lensa yang digunakan cenderung lebih kompak dan ringan. Sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan kamera berukuran kecil dengan fungsi maksimal. Untuk harga, kamera Olympus OM-D E-M10 II ini dibanderol sekitar 14 jutaan dengan paket 2 buah lensa.

kamera mirrorless terbaik dari panasonic lumic G7

#4 Panasonic G7
Untuk kamu yang mencari kamera mirroless dengan kebutuhan mengambil foto sekaligus video dengan resolusi wah, mungkin bisa melirik kamera seharga 10 jutaan ini (dengan lensa kit). Meski memiliki build quality yang agak-agak plastik banget, tapi Panasonic G7 menutupi kekurangan tersebut dengan fitur yang cukup baik di kelasnya. Kamera ini mengusung sensor micro four thirds beresolusi 16MP dengan EVF dan juga LCD yang memiliki artikulasi. Fitur yang cukup dijagokan adalah kemampuannya untuk merekam video hingga resolusi 4K.

harga kamera fujifilm X-T1 murah di indonesia

#5 Fujifilm X-T1
Last but not least, mungkin flagship dari Fujifilm ini bisa dilirik untuk dijadikan pilihan. Bentuknya yang retro-klasik dan build quality yang kokoh menjadi nilai plus pertama untuk kamera Fujifilm X-T1 ini. Apalagi ditambah sistem setting manual dengan tombol-tombol yang mengingatkan pada era kamera film. Untuk spesifikasi kamera Fujifilm X-T1 sepertinya tidak terlalu jauh dengan versi X-T10 yang memang lebih murah. Harga kamera Fujifilm X-T1 sendiri dibanderol body-only di angka 15 jutaan.

Nah, itu dia 5 kamera mirrorless terbaik yang ada saat ini versi saya sendiri. Tentunya sedikit subjektif dan bisa berbeda untuk masing-masing orang. Namun sekali lagi, kalau mau beli kamera pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Karena kamera terbaik adalah kamera yang bisa kamu beli dan pergunakan.