4 Tips Penting Bikin Video Time-Lapse Dari Smartphone

Pernah lihat kan video perubahan langit dari pagi, siang, sore, malam, dengan sangat cepat? Keren banget ya. Waktu yang lama dan berjam-jam, bahkan berhari-hari dipersingkat jadi satu video yang cuma beberapa menit, bahkan beberapa detik. Gue penasaran lho, bikinnya gimana. Contohnya nih kayak videonya National Geographic ini nih.

Video time-lapse ini tentunya dibikin secara profesional dengan kamera video yang serius. Misalnya sih pakai kamera DSLR. Tapi jangan sedih, sekarang kamu bisa lho bikin video time-lapse pake smartphone. Seperti di smartphone Huawei Y6 yang memang sudah ada fitur time-lapse-nya.

Tapiii, tetep biar hasilnya bagus dan berkonsep (ceileh), sebelum mulai membuat video time-lapse, kita musti melakukan persiapan lah. Nah, gue menemukan beberapa tips penting untuk membuat video time-lapse.

Tips Membuat Video Time-Lapse

• Bikin konsep
Mau membuat video tentang apa? Pilih sesuatu tema yang menarik. Misalnya, aktivitas sehari-hari di kantin sekolah, atau berkaitan sama alam seperti metamorfosa ulat jadi kupu-kupu, atau proses mekarnya bunga, atau aktivitas di sebuah tempat umum yang ada keramaian, seperti di stasiun kereta api.

• Gunakan tripod
Jadi, kamera smartphone ini akan merekam sebuah objek dalam waktu yang lama. Nggak mungkin dong kamu pegangin terus selama berjam-jam. Fungsinya tripod ini juga supaya kamera bisa merekam dengan stabil, tanpa goyangan, karena pasti akan mempengaruhi hasil akhirnya. Kalau untuk smartphone, kamu juga bisa memilih untuk menggunakan mini-tripod. Lebih ringkas dan gampang dibawa-bawa. Cuma ya itu, mini tripod identik dengan low-angle. Kecuali kamu mau taruh di atas meja atau buat video dari lokasi yang tinggi.

• Cari angle yang tepat dan posisi yang sama

Angle dan posisi yang sama akan membantu pemirsa merasakan perubahan dan perbedaan yang terjadi dalam video tersebut.

• Pastikan baterai dalam keadaan full
Smartphone akan dipakai selama berjam-jam, jadi pastikan baterainya dalam keadaan full, dan siapkan powerbank untuk berjaga-jaga jika low-batt. Supaya angle gak berubah saat mau pakai powerbank, pastikan kabel dan powerbank sudah terpasang sejak awal. Jadi ketika ponsel mulai lowbat, tinggal nyalakan saja deh powerbanknya tanpa harus menggerakkan kamera ponsel kamu!

Menurut gue bakalan asyik banget lho bikin video time-lapse dengan smartphone. Gue jadi penasaran dan pingin nyoba. Banyak banget deh idenya! Bisa ngerekam kegiatan pas lagi nongkrong bareng temen-temen gue, ngerekam proses bangun pagi adik gue yang susah banget bangun pagi! Ngerekam matahari terbenam dari balkon kamar juga bisa. Seru! Hahaha jadi excited gini gue!

Harga Huawei Y6 Terbaru

Mungkin ini saatnya untuk ceki-ceki smartphone keluaran Huawei ini. Konon harga Huawei Y6 ini cukup reasonable, cuma sejutaan! Nah, dengan harga tersebut, kamu sudah bisa punya smartphone yang bisa dipakai untuk bikin video time-lapse. Gimana, penasaran kaaaan!